} Mencari Kembang Cantik dan Hewan Imut di Pameran Flona 2024 - Rumah Kurcaci Pos

Mencari Kembang Cantik dan Hewan Imut di Pameran Flona 2024

Paling enak tuh pas hari libur, sabtu atau minggu, terus jalan-jalan bareng keluarga. Terus bagusnya kalau tempat yang dituju, cocok untuk semua anggota keluarga. Dari anak-anak sampai orang tua bisa menikmati. Nah, di manakah itu?



Nih, ada pameran seru yang diadakan sebulan lebih. Namanya Pameran Flona 2024. Diadakan di Lapangan Banteng Jakarta, dari 5 Juli – 2 Agustus 2024. Cocok untuk wisata keluarga yang dekat-dekat. Apalagi kalau ternyata kemarin libur panjang tapi tak ke mana-mana.

Sesuai dengan namanya Pameran Flona, pemeran ini bertemakan Flora dan Fauna. Menghadirkan ratusan stan. Berbagai jenis tanaman, hewan peliharaan , hingga keperluan perawatan flora dan fauna ada. Jadi bagi teman-teman yang mencari tanaman bunga atau tanaman buah, cocok datang ke Pameran Flona ini. Plus bisa mencarikan hewan peliharaan bagi si buah hati. 

Senangnya ke Pameran Flona 2024

Sebenarnya saya sudah lama ingin ke Pameran Flona 2024 ini. Rencananya pas pembukaan, karena banyak pertunjukan seru. Tapi sempatnya di hari sabtu 13 Juli 2024. Saya sampai sana sekitar pukul 10 pagi. 


Suasana sudah sangat ramai. Mungkin karena kebetulan wiken, dan anak-anak masih libur sekolah. Dan memang yang datang rata-rata rombongan keluarga. Mungkin juga dari Pameran Flona, mereka lanjut ke PRJ hehehe.



Saya masuk dari pintu di depan masjid Istiqlal. Kebetulan saya naik busway dan turun di halte Juanda. Tapi teman-teman bisa masuk dari pintu mana saja. Pintu depan Hotel Borobudur bisa. Pintu dapan gedung Maramis. 

Aneka Bunga Menarik Hati

Begitu masuk, mata saya langsung dimanjakan oleh deretan berbagai jenis kaktus. Ini sangat bagus untuk dipajang dekat meja kerja saya. Selain jadi pemanis, kaktus juga sangat bagus membantu menyerap radiasi sinar laptop. 



Saat saya tanya, harganya juga beragam. Misalnya yang 1 pot berisi aneka jenis itu kisaran 80-100 ribu. Semakin menarik dengan hiasan batu warna-warni. Pastinya semkin besar ukurannya, harga juga semakin mahal. 

Saya pun terus berjalan menyusuri stan. Benar pameran ini surganya penikmat bunga. Mau cari apa saja ada. Tidak perlu repot muter ke banyak tempat. Di pameran ini semua ada. Lihatnya anggrek yang digantung dengan bunga berwarna warni. 



Lalu kembang itu kan kecantikan tidak selalu dari bunga, tapi ada juga yang dari daunnya yang berwarna-warni. Ada juga bonsai. Mau yang bonsai ukuran besar, sampai bonsai ukuran mini juga ada.



Nah, bagi yang cari pohon buah juga banyak. Mau cari pohon mangga, jambu, sampai kelengkeng juga ada. Mau beli bibit  tanaman bentuk biji juga ada. 


Gemesnya Hewan-Hewan yang Lucu dan Imut

Selain kembang-kembang yang berwarna-warni menarik hati, hadir juga hewan-hewan peliharaan yang imut dan lucu. Mulai dari marmut, kelinci, kura-kura, dan masih banyak lagi. Di arena flora ini, banyak anak merengek minta dibelikan hahaha. 



Di Pameran Flona ini, orang tua bisa membebaskan anak memilih hewan peliharaannya. Harganya juga terjangkau. Misalnya sepasang kura-kura kecil sepasang seharga 90 ribu. Ini sudah termasuk tempat dan sebotol makanan. 



Bagi Bapak-bapak yang mencari hewan peliharaan juga boleh. Ada ayam, bahkan saya lihat ada burung hantu. Tapi banyak juga yang melirik burung berkicau yang harga mahal hehehe. 

Stan Wilayah Jakarta

Selain stan flora dan Fauna, di Pameran Flona 2024 ini menampilkan juga stan-stan dari wilayah-wilayah jakarta. Semua menampilkan keunikan dan ciri khas masing-masing.

Misalnya wilayah Jakarta Selatan yang menampilkan Kebun Binatang Ragunan. Pengunjung bisa melihat aneka hewan. Mulai dari kancil, macan tutul, singa dan lain-lain. 



Wilayah Jakarta Barat Menampilkan Pecinan Glodok. Stannya sangat ikonik bernuansa tiongkok dengan warna merah menyala. Pastinya pengunjung banyak yang berfoto-foto di sini.




Wilayah Jakarta Pusat menampilkan School Tot Opleding Van Inlandsche Artsen. Saya sangat suka di sini, karena pada dasarnya saya suka sejarah. Di dalamnya saya bisa melihat benda-benda zaman lampau juga. 



Wilayah Jakarta Utara menampilkan kampung Tugu. Kampung Tugu ini adalah wilayah pinggir Batavia yang diperuntukkan oleh pemerintah Hindia Belanda bagi para mardijkers yang telah dibebaskan dari status tawanan perang. Letaknya di wilayah semper Barat kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.



Hadir juga stan Kepulauan seribu. Di sini menampilkan info-info wisata di kepulauan seribu. Nah, saya sangat tertarik dengan replika kapal kayunya nih. 



Nah, saya baru sadar setelah sampai di rumah, kok saya tidak mengunjungi wilayah Jakarta Timur ya? Saya kayaknya kelewat, padahal saya 2 kali berputar-putar hehehe. 

Nah, bagaimana? Seru kan, jalan-jalan di Pameran Flona 2024? Jadi mumpung masih berlangsun,g teman-teman bisa segerakan ke sana. Sekali belanja tanaman dan hewan peliharaan. Bahkan bisa gelar tikar dan buka bekal dari rumah, lho. Tapi yang tidak mau repot, tinggal beli makanan saja di sana.

Selamat jalan-jalan...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Mencari Kembang Cantik dan Hewan Imut di Pameran Flona 2024"

  1. udah lama banget aku ga dateng ke event kayak big expo seperti ini yang mana di dalemnya tersedia banyak stand dan apapun yang bisa kita beli
    aku gemes sama kaktus warna-warninya, cantik, buat pajangan dirumah keren itu pak.

    Senengnya kalau ada pameran yang menampilkan khas dari daerahnya masing-masing atau wilayah masing-masing jadi seru, rasanya tiap wilayah berlomba-lomba bikin stand yang menarik

    ReplyDelete
  2. Seketika ngelag pas baca "Flona". Ternyata maksudnya Flora dan Fauna. Pastinya senang banget bawa anak-anak dan keluarga ke Pameran Flona ini. Apalagi bisa juga dikoleksi dan dibawa pulang, nggak hanya untuk dilihat.

    Jadi penasaran juga, stan Jakarta Timur isinya apa, soalnya yang saya tahu daerah kost-kostan. Tapi cuma tahu daerah Ciracas saja sih.

    ReplyDelete
  3. Namanya unik yaa, mas Bams.
    Pameran Flona, ternyata singkatan dari Flora dan Fauna.
    Dijamin anak-anak senang bermain di sini dan jadi mengagumi ciptaan Allah berupa tanaman dan hewan.

    Jadi yang bagian sejarah itu miniaturnya kah, mas Bams?
    Berasa keliling Jekarda sampai Kepulauan Sribu yaa..

    ReplyDelete
  4. Wah kalau mamaku tahu pasti datang nih ke acaranya...ternyata ada stan dari perwakilan wilayah gitu ya Daeng nggak hanya stan bunga biasa jadi lebih kenal dengan suatu daerah nih kayak Kepulauan Seribu juga berpartisipasi..

    ReplyDelete
  5. Wah jadi ingat pernah ke pameran flona ini tapi sudah beberapa tahun yang lalu. Sepertinya memang jadi agenda rutin pemerintah Jakarta ya kak. Kebayang sih ramenya anak-anak minta dibelikan hewan peliharaan. Jangankan anak-anak, aku aja kepingin punya karena lucu dan menggemaskan. Kayanya masih sempat nih ngajak anak-anak ke sana sebelum pameran berakhir.

    ReplyDelete
  6. Duh, saya sangat menikmati perjalanan wisata lewat artikel ini, Mas. Btw, seru jika boleh bawa bekal ke lokasi wisata soalnya ada beberapa tempat wisata yang tidak memperbolehkan dan hal ini sangat menyebalkan, hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.