} Tips Lancar Antar Jemput Anak Sekolah - Rumah Kurcaci Pos

Tips Lancar Antar Jemput Anak Sekolah

Libur panjang sekolah telah usai. Senin 15 Juli 2024 anak-anak kembali masuk sekolah. Saat pagi hari, jalanan kembali ramai oleh para pengantar anak sekolah Saya salah satunya, yang mengantar jemput anak menggunakan sepeda juga..


Aktivitas saya yang kemarin hampir sebulan tidak ada acara antar jemput anak sekolah dan hanya fokus menulis, sekarang kembali diatur lagi. Wajib bangun lebih pagi buat persiapan ini itu, termasuk motor yang akan digunakan. Motor sudah dikeluarkan dari rumah untuk sekadar dipanaskan dulu. Kondisinya harus dicek-cek biar urusan antar jemput anak sekolah menjadi lancar.

Kondisi motor harus prima

Hal pertama yang saya Perhatikan adalah mengecek kondisi motor, beberapa hari sebelum  anak masuk sekolah. Karena ini sangat berpengaruh saat antar jemput nanti. Misalnya di pagi hari, sudah buru-buru berangkat dan waktu sudah mepet, eh.. tahu-tahu motor susah distarter. Akhirnya telat ke sekolah.

Motor Matic Andalan Saya 

Begitu juga saat akan menjemput. Motor juga sudah dihidupkan. Akhirnya telat menjemput anak, dan anak pun gelisah menunggu lama.

Makanya kalau sudah saya rasa motor tidak enak dikendarai,  saya harus segera servis. Atau Kalau waktunya sudah mepet karena saya ada keperluan, maka paling ganti oli saja. 

Pentingnya Penggantian Oli Motor

Oli itu salah satu yang sangat berperan penting dalam kendaraan. Baik mobil ataupun motor. Karena sebagai pelumas. Untuk motor matic saya, menggunakan 2 oli, yaitu oli mesin dan oli gardan.




Oli mesin digunakan untuk melumasi komponen mesin agar kinerjanya terus stabil dan juga menjaga umur mesin motor matic. Oli mesin diganti saat jarak kilometer mencapai antara 3.000-5000 kilometer. Jadi kalau saya bukan menghitung waktu bulanan untuk mengganti oli. Mau dipakai motor 3 bulan atau 1 bulan, yang pentingnya jaraknya sudah tercapai, saya segera ganti oli mesin.




Oli gardan berfungsi untuk melumasi bagian-bagian transmisi pada motor matic. Umumnya oli gardan diganti saat jarak tempuh sudah mencapai 8.000-12.000 km atau 6-12 bulan. Tapi saya biasanya kalau ganti oli mesin, pasti ganti oli gardan juga. Apalagi harganya pun tak terlalu mahal. Lebih hemat waktu, daripada hahrus bolak-balik ke bengkel.

Pilih Oli yang Sesuai

Agar kinerja oli maksimal terhadap motorsaya, maka saya wajib sekali memilih oli yang sesuai. Karena kan, tipe oli mesin dan oli gardan itu berbeda-beda. Misalnya motor matic Mio 125 cc saya olinya pastinya berbeda dengan motor 4 tak 105 cc saya, walau merk motornya sama.

Oli Mesin yang Motor Saya Gunakan


Makanya saya kalau urusan oli, saya tidak pikir-pikir. Saya pilih yang sesuai standar dan cocok dengan motor saya. Tidak harus berpatokan pada satu merk oli. Boleh beda. Tapi catatannya, saya ganti oleh di bengkel yang terpercaya. Barangnya bagus dengan harga yang sesuai. 

Planet Ban (Dokpri)

Sekarang saya kalau servis, termasuk ganti oli di Planet Ban. Selain bengkelnya banyak dan dekat dari tempat tinggal saya di Depok, juga sudah terjamin produknya asli. selain itu gratis pasang, dan juga gratis cek motor.

Beragam Oli di Planet Ban Sesuai Tipe Motor (Dokpri)

Soalnya pernah lupa gant oli, dan kepepet ganti di bengkel kecil pinggir jalan. Sudah merk olinya tidak terkenal, harganya mahal, performa motor saya pun jadi tidak maksimal.

Manfaat Rutin Mengganti Oli Motor

Banyak manfaat yang saya dapatkan saat rutin mengganti oli motor. Pasti performa motor saya jadi stabil, dan akhirnya acara antar jemput anak menjadi lancar.

Menjaga Suhu Motor

Manfaat rutin mengganti oli motor adalah akan mejaga suhu motor agar tetap stabil. Oli sebagai pelumaskomonen dala mesin, akan megurangi suhu oanas karena gesekan.

Menjaga keawetan Komponen Mesin

Menganti oli secara berkala akan membuat mesin menjadi lebih awet. Oli baru mempunyai tekstur yang lebih kental sehingga bisa bekerja secara maksimal

Mencegah Komponen Mesin dari Aus

Manfaat lain rutin mengganti oli akan mencegah keausan komponen mesin, mesin yang terlumasi oli secara optimal, dapat membuat konerga mesin menjadi lebih baik.

Mengurangi Gesekan

Komponen mesin yang dilumasi oli baru akan menurangi gesekanmtor aan ringan dan nyaman digunakan berendaraan. 

Menghemat bahan bakar

Rutin mengganti oli juga dan menghemat bahan bakar ringannya kinerha mesin, membuat motor tidak perlu mengeluarkan bahan bakar yang banyak. Ini jelas akan menghemat pengeluaran saya juga.

Meringankan biaya perawatan

Kalau performa mesin terus terjaga, sudah pastinya akan lebuh awet. Dan ini menghemat saya dalam biaya perawatan. Saat servis motor, tidak perlu banyak ganti ini dan itu.

Nah, itu dia tips agar lancar antar jemput anak sekolah menggunakan sepeda motor. Intinya kondisi motor harus prima, termasuk kondisi olinya juga.

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Tips Lancar Antar Jemput Anak Sekolah"

  1. Tim yang nungguin Planet Ban buka cabang di Medan, deh, hehe.
    Mupeng sama biaya service yang lebih murah dan sparepart yang lengkap.
    Meski begitu, meski belum ada Planet Ban tetep kok saya rutin rawat motor. Apalagi oli, wajib selalu diperhatikan ini...

    ReplyDelete
  2. Kalau aku biasanya 2 kali ganti oli mesin 1 kali ganti oli gardan. Sama sih, Pak. Aku juga nggak berpatokan sama waktu untuk ganti oli. Tapi jarak. Biasanya adikku sih yang ngingetin. Hehehe....

    ReplyDelete
  3. Kalo oli motor rajin diganti, membuat aman dalam perjalanan ya Pak Bams. Manfaatnya juga bagus untuk si motor itu sendiri. Jadinya kan buat antar jemput anak sekolah bisa lebih sat set tanpa ada kendala.

    ReplyDelete
  4. Kalau pakai kendaraan pribadi memang harus dipastikan prima. Saya pernah beberapa kali mengalami masalah pada kendaraan saat mau jemput anak ke sekolah. Jadinya bikin gak nyaman banget.

    ReplyDelete
  5. Eh iya ya, ini penting banget, saya juga sering khawatir motor bermasalah karena butuh antar jemput anak.
    Apalagi motor saya sudah lumayan uzur.
    Jadi selalu ngeh dengan masalah servis Dan lainnya, termasuk olinya.
    Di Planet Ban paling asyik bisa berkonsultasi dengan mekaniknya, Dan selalu dijelasin dengan sabar.

    Apalagi kan para mamak-mamak itu, banyak banget pertanyaan nya 😅

    ReplyDelete
  6. Motor itu salah satu penunjang aktivitas, jadi harus dirawat dengan penuh kasih sayang biar ga ngadat dan asik dijalan.

    Makanya perawatan motor harus dengan oli yang sesuai ya pak biar motor awet digunakan.

    ReplyDelete
  7. Bener ini mah, selain perkiraan waktu agar tidak terjebak kemacetan para penjemput dan bisa dapat parkir yg pas. Kondisi motor juga harus diprimakan. Jangan sampai udah siap, agak buru-buru eh motor rewel karena oli habis atau belum di ganti. Kacau deh!

    ReplyDelete
  8. Motor tuh kendaraan paling praktis, bisa cepet, sat-set menembus kemacetan Bandung yg minta ampun dah. Apalagi pagi jam antar sekolah, dan siang/sore jam bubar sekolah.
    Walaupun aku engga mengemudikan motor, tapi suka naik goride/grabride. Pastinya Babang gojek tsb harus ya merawat motor. Lah...modal kerjanya dari motor yg prima deh...

    ReplyDelete
  9. punya motor emang wajib "nyalon" di Planet Ban
    Gak heran, kalo pulang ke Bandung, anakku pasti ngeluarin sepeda motor
    Untuk diservice di Planet Ban

    ReplyDelete
  10. Lagi rame issue ganti oli cuma trik marketing, olala padahal oli kan emang manfaat banget buat perputaran mesin biar jadi halus gak cepet bikin mesin rusak, apalagi udah ada oli andalan dari Planet Ban ya, kenapa tidak dicoba biar kegiatan antar jemput gak tersendat

    ReplyDelete
  11. antar jemput sekolah jadi lancar ya kak kalau perawatan motornya yang terbaik dengan oli yang terbaik gini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.