} Senangnya ke Indonesia International Book Fair 2024 - Rumah Kurcaci Pos

Senangnya ke Indonesia International Book Fair 2024

 Bagi pecinta buku, pameran buku adalahh surganya buku. Bukan saja bebas memilih bbuku-buku bagus, tapi juga mendapatkan uku dengan harga lebih terjangkau.



Dan saya eruntung sekali bisa domisili di sekitar Jakarta. Selama setahun, banyak pameran-pameran buku. Terus lokasinya juga straeggis dan mudah dijangkau, termasuk oleh transportasi umum.

Indonesia International Book Fair 2024

Salah satu pameran buku terbesar tahun ini adalah Indonesia International Book Fair 2024. Pameran buku yang sangat ditunggu ini berlangsung dari Rabu-Minggu 25-29 September 2024 di ruang Cendrawasi Jakarta Convention Centre Jakarta. 

Dan IIBF ini memang tidak bboleh lepas dari jangkauan saya. Halah hahaha. Kafenatahun lalu saja, saya menempatkan hadir di IIBF 2023 yang berlangsung di ICE tangerang. Yang dekat saja saya datangi, apalagi yang dekat. Hahaha lebay

Walau pamerannya mulai hari selasa, tapi saya baru ke IIBF hari sabtu 28 September 2024. Alasannya klise saja, kebetulan ada job syuting dan pemotretan wwkwkw. Halah gayane saya ini.

Berangkat dari rumah saya di Pulo Gadug pukul setengah 11 siang, saya sampai di parkiran JCC sekitar pukul 12 lewat. Alhamdulillah perjalanan lancar. Mungkin karena orang kantoran banyak libur. Jadi perjalanan lancar.

Astaganaga, parkiran penuh. Tapi mungkin karena Baim anak sholeh dan suka mengaji, jadi pas selesai tab kartu, kok ada motor yang akan keluar. Jadilah saya gercap mematok lahan parkir hahaha kayak preman saja.

JCC memang lagi ramai karena bersamaan ada  pameran. Selain IIBF ada IDEA FEST dan... terus di Istora ada ceritaNusantara. Terus di Arena Indonesia ada acara Khaf juga. 

Menjelajah IIBF

Begitu masuk, saya langsung menjjelajag area IIBF. di dekat pintun masuk, saya langsung tertarik dengan ilustrasi-ilustras yag dipajang. Wih, bagusbagus semua. Banyak juga ilustrasi buku teman-teman saya. Salah satunya buku Kang Iwok Abqari.

Ilustrasi Buku Anak yang Keren-Keren Semua

Eh, saat hendak mau lanjut, kok ada bapak-bapak lagi adaiin kuis. Saya pun ikutan nimbrung. Pas saya ditanya apa tema IIBF tahun ini, waduh saya bingung, soalnya tidak tahu. Si Bapak tersneyum lalu menunjuk tulisan besar "CELEBRATE READING AND BEYOND! Hahaha... jadi malu-malu meong saya. 

Tapi karena si Bapak baik hati dan tidak sombong, saya tetap dikasih goodie bag. Isinya buku, snack, wafer, dan susu kotak. Alhamdulillah. 

Pamer Hadiah Kuis Dulu hahaha...


Selanjutnya saya ke berbagai stand. Apalagi hadir 50 lebih penerbit baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Misalnya ada dari Korea dan Malaysia

Mulai dari SIBI. Biar dapat souvenir atau buku, pengunjung diminta memposting insta story. Siap... begitu posting, langsung dapat mug dan juga tas sibi. Saya sih batin, tidak apa tasnya dulu, tahun depan siap ikut kurasinya. Amin.



Saya juga mampir ke stand Let’s Read. Sama dengan SIBI, biar dapat buku, posting di feed di akun IG. Di sini juga banyak buku-buku teman-teman penulis cerita anak. Selain buku, saya uga dapat kartu pos dan pembatas buku.


Pasinya yang tidak boleh terlewatkan adalah zona kalap. Di sini buku-bukunya didiskon bikin hati berbunga-bunga. Misalnya dengan uang 100 ribu, sudah bisa dapat beberapa buku bagus. Hanya memang harus sabar mencarinya.



Saya pun asyik memilih buku. Selain dibaca untuk referens, bisa juga untuk diresensi atau direview, seperti yang dilakukan teman-teman saya. Salah satunya Mbak Dian Restu Agustina yang sampai memperoleh badge Review buku terbaik dari Twinkl. Keren sekali.

IIBF Tidak Hanya Membeli Buku

Saya senang sekali ke IIBF, karena tidak sekadar berburu buku bagus dengan harga terjangkau. Banyak aktivitas seru yang menyenangkan.

Misalnya saja banyak talkshow dengan beragam tema. Baik di panggung dalam ruangan maupun di luar ruangan. Saat saya datang di panggung utama sedang diadakan talk show aplikalasi membaca buku anak sedangkan di panggung luar ruangan ada lauching buku dari penerbit Naura. Nah, salah bertemu Mas Hadi Noor yang merupakan editor Penerbit Naura.


Lauching Buku Penerbit Naura


Terus selama pameran, ada juga klinik naskah. Teman-teman bisa berkonsultasi naskahnya kepada editor. Hanya saja ada waktu-waktu yang sudah ditentukan ya. Bahkan ada lomba cosplay. Seru sekali.

Ada jug accara mendongeng yang pastinya sangat disukai anak-anak. Saya melihat bagaimana antusiasnya anak-anak mendengar dongeng. Lalu kemudian ikut bernyanyi bersama.


Acara Mendongeng di Stan Penerbit Erlangga

Dan ini senangnya, banyak orang tua mengajak anak-anaknya ke IIBF 2024. Ini akan menumbuhkan minat baca di tengah gempuran media online. Apalagi membaca merupakan hal penting. Termasuk memperlancar proses belajar di sekolah dan rumah. Apalagi buku adalah jendela dunia.

Senang sekali ke IIBF tahun ini. Banyak pengalaman bermanfaat da seru yang saya dapatkan. Rasanya tidak saat rasanya ke IIBF tahun 2025.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Senangnya ke Indonesia International Book Fair 2024"

  1. Bagi pecinta buku, IIBF ini adalah ajang yang nggak boleh dilewatkan ya Mase. Bisa dapetin buku murah dan ikutan ragam aktivitas di sana. BTW, saya malah nggak jadi ke sana yaa

    ReplyDelete
  2. Wah kangen banget sama IIBF. Waktu lagi di Jakarta setiap tahun selalu kesana, meski rame terus selalu menyenangkan berburu buku di sana. Apalagi dapet goody bag yaa, haha. Pengen banget bisa ajak anak kesana juga, mengenalkan berbagai macam buku dan berburu buku anak.

    ReplyDelete
  3. Waah..ke IIBF terakhir pas sebelum pandemi saya..duh kelewat lagi tahun ini enggak ke sana. Seseru itu memang...banyak buku menarik, stand dengan kuis dan hadiahnya dan yang pasti diskonan bukunya lumayaaaan

    ReplyDelete
  4. Enaknya hidup di kota besar tuh akses thd pendidikan dan informasi bs terbuka luas. Khususnya dgn acara IIBF 2024 ini. Kita bs bertemu beragam penerbit lokal maupun internasional. Sehingga bs melihat koleksi buku2nya. Syukur kalo kita berniat bekerja sama nerbitin buku ya pak. Bisa saling kenalan dgn editornya tuh.

    ReplyDelete
  5. Wahhhh... andai saya sampai di IIBF, pasti betah milih-milih buku di zona kalap, lah dengan 100k saja bisa dapat beberapa buku 'kan...

    ReplyDelete
  6. Dih kalau saja lokasinya Deket Pak mau banget saya bawa anak ke IBF. Ya selain cari buku bisa nambah informasi dan teman juga kan ya...
    Semoga di daerah ada acara setingkat informasi juga nih biar yg jauh dari ibukota bisa panen buku juga. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu tinggal di Jakarta, saya pun selalu menyempatkan main kalau pas lagi ada IIBF. Terakhir bisa datang ke IIBF di JCC pas kebetulan lagi tugas di Bekasi. Dibela-belain dong naik KRL ke sana buat hunting buku-buku kece.
    Tahun ini skip dulu sepertinya ke IIBF karena jarak yang belum memungkinkan. Next mudah-mudahan di tahun-tahun selanjutnya bisa berkunjung. Bawa anak-anak kayanya bakal lebih seru, ya

    ReplyDelete
  8. Saya kelewat nih Pak huhu. Mau ke sana, eh belum jadi². Semoga event berikutnya bisa datang dah
    Baca artikelnya Pak Bams asik juga banyak buku yang dilihat dan bisa diborong yak.

    ReplyDelete
  9. Kalau sudah ke Book Fair memang menyenangkan. Saya biasanya cek tanggal pelaksanaan, jadi datang agak belakang buat hunting buku. IIBF asik ya, Pak. Apalagi dapat hadiah. Ckck

    ReplyDelete
  10. Paling suka hadir ke acara Book Fair seperti ini. Saya sudah pasti kalap kalau datang ke acar Book Fair. Gara-garanya ya ada diskon itu Pak Bam. Hehehe. Bayangkan, 100 ribu udah dapat beberapa buku.

    ReplyDelete
  11. udah lamaaaa banget gak ke book fair nih huhu dulu pas masih di bogor hampir tiap tahun ke book fair, mulai dari tempatnya di senayan sampe pindah ke JCC..seruuu liat buku-buku melimpah ituu

    ReplyDelete
  12. Acara yang paling ditunggu-tunggu ini yaa, mas Bams..
    IIBF 2024 bikin anak-anak jelajah kembali dunia literasi. Aku suka banget sama ilustrasi yang dipajang di sepanjang IIBF.. Rasanya colorful sekalii..
    Jadi di IIBF banyak buku berbahasa Inggris kah?

    Lokasinya enakan di ICE yaa, mas Bams..
    Hehehe.. ademm di dalemnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.